Mar
31
2011

PPST (Pusat Perkulakan Sepatu Trowulan)

Kecamatan yang sangat terkenal karena menjadi ibukota Kerajaan Majapahit di masa silam ini rupanya juga terkenal dengan industri sepatunya. Sentra sepatu ini dipusatkan di PPST (Pusat Perkulakan Sepatu Trowulan) yang terlihat begitu mencolok di Jalan Raya Mojokerto-Gempol.

PUSAT BISNIS SEPATU

Pusat Perkulakan Sepatu Trowulan merupakan sentra pemasaran industri sepatu di Mojokerto. PPST sebagian besar memasarkan sepatu hasil industri pengrajin sepatu Mojokerto seperti daerah sooko, kepindon, kedungpring dan sekitarnya, selain itu dipasarkan juga sepatu dari luar daerah seperti Sidoarjo dan daerah lain.

Saat ini, terdapat sekitar 20 stand yang menjual sepatu dan tas yang kualitas nya tidak kalah dengan produk merek ternama. Terdapat sepatu dan sandal untuk segala usia, dan model-model terbaru, pastinya semua dengan harga yang terjangkau oleh semua kalangan.

WISATA BELANJA

Terletak di Desa Watesumpak, Kecamatan Trowulan, sekitar 2 kilometer dari pusat kota Trowulan. Letaknya dipinggiran jalan raya Mojokerto-Jombang.

PPST bisa menjadi alternatif tujuan wisata belanja di wilayah Mojokerto yang memang dikenal sebagai salah satu sentra produksi kerajinan sepatu dan sandal. Sambil berbelanja di PPST kita juga bisa merangkai kunjungan wisata ke kawasan trowulan yang kaya dengan situs-situs peninggalan Kerajaan Mojopahit.

Sejak bencana Lumpur Lapindo Sidoarjo menenggelamkan wilayah sekitar Tanggulangin yang dikenal sebagai sentra industri tas dan sepatu, banyak pengrajin dari Tanggulangin yang memindahkan show roomnya ke PPST Trowulan.

HARGA PRODUK

PPST menawarkan berbagai harga terhadap produk yang dijual. Tidak tanggung-tanggung beberapa pengunjung baru kaget dengan harga yang ditawarkan oleh para SPG (Sales Promotion Girl) yang jaga stand-stand di sana, harga bisa mencapai 50% lebih murah dibanding produk serupa yang dijual di swalayan-swalayan, bahkan tidak sedikit yang berani menawarkan lebih murah lagi jika pembelian lebih banyak dan dilakukan langsung di pabriknya.  Hal ini dikarenakan setiap pemilik stand di PPST merupakan pemilik IKM persepatuan atau dengan kata lain mereka adalah produsen langsung ; serta harga sewa PPST yang cenderung sangat murah dibanding pusat penjualan lainnya.

KENDALA

Terdapat beberapa kendala dalam memahamkan masyarakat tentang manfaat nilai ekonomi dengan berbisnis atau berbelanja di PPST, hal ini antara lain karena PPST seringkali terlihat sepi. Tapi hal ini justru menguntungkan bagi mereka yang ingin berbelanja dengan tenang dan teliti karena SPG bisa fokus melayani mereka dengan jumlah pembeli yang datang relatif sedikit.

Beberapa masyarakat salah faham mengenai PPST, karena kondisi yang sepi, mereka menganggap PPST kurang layak untuk didatangi, padahal di PPST tersedia hampir segala jenis sepatu dan merek-merek sepatu dalam negeri yang di produksi dari Kabupaten Mojokerto. Perlu diketahui, pemasaran produk sepatu asal Kabupaten Mojokerto telah mencapai skala nasional bahkan dengan merek terdaftar.

Sepinya PPST tidak mengurangi omset penjualan atau perputaran uang dalam “kantong pengusaha”. Karena sejatinya PPST bagi mereka hanya dianggap sebagai tampilan eksistensi bahwa mereka masih berproduksi dan menunjukkan seberapa luas dan bagus produk-produk yang mereka hasilkan. Hal ini karena transaksi utama antara pengusaha dan pembeli dilakukan di rumah pengusaha sendiri yang relatif dekat dengan PPST (lokasi produksi sepatu dengan PPST hanya berkisar 3 km) akibat kondisi stand yang tidak sanggup memuat produk dengan jumlah puluhan kodi.

Pada dasarnya stand di PPST memang merupakan pusat untuk ajang promosi produk pengusaha, dan pengusaha menilai kurangnya fasilitas gudang membuat mereka terpaksa melakukan transaksi utama dan keluar-masuk barang langsung dari rumahnya yang juga berfungsi sebagai lokasi produksi. Ini berarti peluang bagi Anda yang ingin membeli sepatu dengan harag yang murah tapi tidak harus dalam jumlah besar. Sebagai salah satu bentuk perbandingan, untuk pembelian tunggal produk sepatu kulit (eceran) PPST menawarkan harga Rp 50.000,- hingga Rp 150.000,-  tergantung kualitas yang diharapkan, dan mayoritas dari produk tersebut merupakan merek terdaftar dan sudah dipasarkan skala nasional.

Bagi Anda yang ingin mengenal produk sepatu dan seperti apa sejatinya harga dari produsen? PPST adalah jawaban paling tepat. Anda akan bisa berbelanja lebih tenang, kualitas produk terjamin, dan harga yang ditawarkan tidak perlu menunggu event-event diskon untuk mendapatkan harga yang murah, karena PPST akan selalu menawarkan harga yang murah. Lebih dari itu, bagi Anda yang memiliki kendaraan bisa pula berkunjung ke lokasi industri untuk melihat langsung produksi sepatu.

Ingin informasi lebih lanjut seputar PPST, atau butuh guide, silahkan hubungi kami TPL-IKM Kab.Mojokerto. Kami siap melayani, dan tentu saja GRATIS

Rendi 0856 307 9182

Comments are closed.

Mengenai Blog Ini

Sentra Industri Kab.Mojokerto

Sebuah wacana mengenai potensi industri di Kabupaten Mojokerto yang menarik untuk disimak dan menjadi sumber inspirasi bagi pembacanya. Bagi Anda yang ingin profil usahanya turut dicantumkan dan membutuhkan pendampingan usaha, hubungi TPL-IKM (Tenaga Penyuluh Lapangan Industri Kecil dan Menengah) di Dinas Perindustrian Kabupaten/Kota Anda. Untuk wilayah Kabupaten Mojokerto, hubungi TPL MUKMININ 085655586217. Kunjungi juga website toko online kami di www.produkjatim.com